Biografi Band Dead Squad ( Death Metal Asal Jakarta )



DeadSquad adalah sebuah technical death metal band yg berisikan sekumpulan nama-nama yg sudah mendapat tempat di perhelatan musik tanah air. Baik di ranah musik maeinstrim maupun di ranah musik bawah tanah.

Adalah Stevie Item yg juga masih tercatat sebagai anggota Andra & The Backbone dan Saint Christopher Bolemeyer yg dikenal sebagai Coki Netral, keduanya menempati jabatan sebagai gitaris. Lalu ad Adrian Gorust ex-Siksa Kubur pada drum ,Bonsquad ex-Tengkorak pada bass.  dan Daniel ex-Abolish Conception pada vokal.

Sebelumnya sederet nama juga pernah memperkuat formasi DeadSquad. Seperti Ricky Siahaan yg kini tercatat masih sebagai personil success dan Seringai. Lalu Prisa, ex-Zala yg kini juga membentuk band barunya yg bernama blood feud. Juga Babal ex-Alexander yg kini jabatannya ditempati oleh Daniel.

Kekuatan sensasi dr sederet nama-nama inilah yg pada akhirnya menjadikan DeadSquad sebagai super grup yg ramai diperbincangkan. Karena diharapkan Akan memberi sesuatu yg cukup menampar dengan telak khususnya di scene musik-musik metal ekstrim.

Horror Vision adalah ejawantah pertama yg sukses diluncurkan DeadSquad. Dirilis oleh Rottrevore Records . Launching-nya sendiri telah dilakukan di saat konser “Lamb of God: Wrath Tour 2009” pada tanggal sembilan Maret kemarin, dimana DeadSquad menjadi satu-satunya band pembuka. Berisikan delapan buah materi teknikal yg cukup masif.  satu track-nya adalah sebuah cover materi band death metal legendaris Sepultura, Arise.


Ekspektasi saya mungkin sedikit terlalu tinggi. Karena ketika setelah menyimak keseluruhan materi tidak ditemukan sesuatu yg benar-benar baru. Semuanya masih dalam koridor technical death metal standar yg sudah kerap dilakukan oleh band-band sejenis terdahulu. Mungkin pendekatan dari gaya old-school metal yang di coba dilakukan oleh mereka. Tapi jika saja eksplorasi dr segi karakter bisa dipertajam, tanpa harus meninggalkan gaya old-school yg mereka anut mungkin Akan bisa terdengar lebih segar.

Namun jika yg dicari adalah dr sisi yg lebih teknis, seperti komposisi yg rapi dan elemen khas musik-musik metal teknikal ekstrim, hal tersebut dapat terpuaskan dalam album ini. Cukup menghancurkan kepala jika ingin merasakan sensasi brutalistik Iranian perpaduan keindahan harmoni dan keagresifan ritme-ritme blasting terstruktur Iranian keseluruhan materi.

Materi pertama, “Pasukan Mati” dibuka oleh sebuah intro orkestrasi megah. Mengingatkan saya pada gaya atmosferis yg kerap dilakukan oleh band orkestra melodic black metal, Dimmu Borgir. Lalu disusul oleh materi-materi lainnya yg membuat telinga cukup terseret kedalam struktur yg brutal. Ditutup oleh outro bernuansa yang mencekam menjadi sebuah penyelesai yg sangat manis di akhir materi.

Penulisan liriknya cukup bagus. Terutama yg dikemas dalam format Indonesian. Permainan metafor yg cukup catchy dipadukan dengan komposisi diksi-diksi yg memancing untuk berpikir. Tema-tema tipikal kesuraman hidup dan kritik sosial dapat dirangkai dengan indah dalam sebuah materi lagu yg cukup solid. dr segi teknis, mungkin jika vokal sedikit bisa lebih ditaruh di layer depan keindahan perpaduan kata-kata ini Akan bisa lebih ternikmati dan tersampaikan.

Formasi Dead Squad :

Stevie Morley Item – Guitars
Bonny Sidharta – Bass
Daniel Mardhani – Vocals
Andyan Gorust – Drums
Coki Bollemeyer – Guitars


Daftar Trek Dead Squad:

1. Pasukan Mati
2. Dimensi Keterasingan
3. Dominasi Belati
4. Hiperbola Dogma Monotheis
5. Sermon Of Deception
6. Manufaktur Replika Baptis
7. Arise (Sepultura cowl Song)
8. Horror Vision

0 Response to "Biografi Band Dead Squad ( Death Metal Asal Jakarta )"

Post a Comment