Sejarah Power Metal Terlengkap



Sejarah Power Metal Sebagai dedengkot Musik Cadas di Tanah air, yang Nama Power Metal sangat bergaung di medio pada tahun 1990'an. Power Metal adalah BAND yang beraliran Heavy Metal itu berasal asli dari surabaya Indonesia,

Sejarah Power Metal tak bisa lepas dari ajang competition musik yang sangat bergengsi, yang diadakan oleh Log Zhelebour. competition waktu itu dimulai tahun pada tahun1984 ini telah berhasil mencetak beberapa grup Rock yang sangat melegendaris dan salah satunya ialah Power Metal yang merupakan jebolan dari competition Rock Log Zhelebour pada tahun 1989.

Tak terhitung sudah berapa banyak show, promo album, dan perform di berbagai event yang telah dijalankan Power Metal selama ini, baik di ibukota maupun kota-kota lainnya, mulai dari event sederhana hingga competition bertaraf nasional.

BACA JUGA : Dead Squad Rilis Album Split Bersama Band Metal Dari Jepang

Mengiringi kesuksesan perjalanan yang panjang bermusik hingga saat ini 24 tahun lebih pada tahun ini , Power Metal mulai dari tahun ke tahun sepanjang perjalanannya mereka  telah merilis sejumlah album dan merangkul fans mereka yang sekarang kian bertambah di berbagai kota di Indonesia dan di luar negeri.

Power Metal sampai saat ini telah menjalani perjalanan panjang yang sangat penuh suka dan duka tetapi terbukti dapat dihadapi dengan tegar. Banyak kegetiran, hambatan, dan halangan yang telah mereka alami sepanjang perjalanan panjangnya, namun ketegaran Power Metal meniti perjalanannya tak pernah terlepas dari ke cintaan dan dukungan oleh para fans setianya. Kini Power Metal kembali dan selalu terbukti kembali datang untuk menorehkan jejak kakinya dan melanjutkan langkahnya untuk mewarnai serta menggebrak di blantika dunia musik Rock yang ada di indonesia.

Dengan formasi terkininya (, Ipunk-gitar, Luky-gitar, Arul-vokal, Baba-bass, Eko-drum dan Sastro-keyboard) untuk semakin menonjolkan genre speed metal, PowerMetal meluncurkan album ke sembilan ( 9 ), Power IX (Juli, 2010) dan Power Gold pada tahun 2016 silam. Masih mengusung power speed metal and serta vokal yang sangat tinggi, Power Metal telah menyuguhkan ciri khasnya dengan lebih garang melalui 2 gitaris  layaknya band speed metan dan heavy metal kelas dunia.

BACA JUGA : Deadsquad Formasi Baru Rilis Single 'Blessphemy'

Dengan diluncurkannya album ke sembilan ini, Power Metal kembali menorehkan jejaknya serta menggaungkan namanya, menggebrak kembali dunia musik di Indonesia.

Nama Power Metal sebelumnya adalah POWER BAND berubahan menjadi POWER METAL, Sesuai namanya Power Metal, perubahan nama ini sekaligus untuk memproklamirkan diri jadi band rock beraliran heavy metal. dengan formasi awal yakni Totty M. (vokal), Pras Hadi (bass), Ipunk (gitar), , Raymond (keyboard), dan Mugix (drum). Namun formasi tersebut telah berubah dengan digantikannya posisi pada bass oleh Hendix Sanada dan vokal oleh Pungky Deaz dan selain itu juga  nama bandnya pun berubah juga menjadi Power Metal.

Awal Karier Power metal

Power metal besar di Panggung panggung wilayah Jawa Timur, dan dalam aksi panggungnya sering membawakan lagu-lagu dari Anthrax, Helloween, Metallica,  Loudness atau Yngwie Malmsteen. yang Saat itu Lazim grup music Rock membawakan lagu lagu dari orang lain alias coveran.

Belum genap setahun dibentuk, grup band ini sudah menunjukan prestasi cukup membanggakan dengan keherhasilannya menyabet juara pertama competition Rock Remaja se-Jawa Timur yakni di Lumajang pada tahun (1987).

Disusul dengan tahun berikutnya meningkat jadi juara pertama competition Rock se-Jawa di Kediri pada tahun (1988). Prestasi ini dianggap belum cukup, masih ada lagi satu event competition yang menjadi targetnya, yaitu competition Rock se-Indonesia-nya Log Zhelebour, obsesi dari Power Metal terbesar saat itu.

LAMBANG POWER METAL

Tapal kuda selalu terbuat dari logam metal terbaik dan digunakan sebagai landasan kaki kuda, hewan yang sangat tersohor kekuatan dan kecepatannya serta identik dengan kekuatan atau power serta ketangguhannya. Bahannya yang digunakan dalam tapal kuda terbuat dari logam metal, di mana metal adalah unsur yang sanagt kuat.

BACA JUGA : Biografi Rock N Roll Mafia

Karna itulah, kekuatan metal ini menggambarkan kekuatan musik speed metal yang sangat lah dahsyat dan kekuatan Power Metal itu sendiri, untuk meramaikan sekaligus memberi pengaruh warna  di blantika musik  Indonesia.

Tali tambang yang merupakan simbol dari ikatan yang sangat lah kuat untuk mempersatukan sesuatu agar tidak bercerai berai. Tali tambang ini melambangkan ikatan erat, dari antar personel-personel Power Metal untuk menyatukan kekuatan yang solid. Tali tambang ini juga melambangkan ikatan persaudaraan penggemar musik metal dan PowerMetal yang sangat kuat dan tidak akan bisa tercerai oleh waktu.

Menjadi Juara competition Rock Indonesia di tahun 1989 adalah tonggak sejarah
Prestasi ini dianggap belum cukup, masih ada lagi satu event competition yang menjadi targetnya Power metal , yaitu competition Rock se-Indonesia - nya Log Zhelebour. “Itu yang menjadi salah satu  obsesi kita,” kenang Raymond, soal keberhasilan Power Metal menjuarai competition Rock se-Indonesia V di tahun (1989).

Selain jadi juaranya, basis power metal yakni hendrix Sanada juga terpilih sebagai  basis terbaik saat itu. “Sekali ikut terus langsung menjadi juara,” kata Raymond  Arias dengan bangga. "Waktu itu sama sekali  tidak menyangka jadi juaranya," kata Ipunk. Grup band ini yang dianggap rival terberatnya dari   Kaisar (Solo) , Andromedha (Surabaya), dan Roxx (Jakarta). Kemenangannya ini sekaligus menjadi awal dari perjalanan karier Power Metal untuk menembus dunia rekaman.

Memulai Tour Raksasa bersama God Bless adalah impian

Sebagai promotor merangkap produser, Log Zhelebour memang belum menjanjikan grup band juara pertama competition Rock se-Indonesia langsung teken kontrak rekaman album. Baru hanya sebatas direkam di album kompilasi 10 (sepuluh) Finalis competition Rock se-Indonesia V.

Sementara juara pertamanya dijanjikan ikut tur di 10 kota. Kebetulan pada waktu itu Log telah mempersiapkan pagelaran Tur Rakasasa God Blesspada tahun (1990). Selain Power Metal, tur God Bless ini juga didampingi  Mel shandy dan Elpamas.

Di tengah persiapan tur, Power Metal diguncang hengkangnya Pungky, lalu diikuti basishendrix Sanada. Jelas ini membuat sisa personelnya kalang-kabut mencari vokalis dan pemain bas pengganti Pungky Vokalis dan basis.

“Kita langsung melirik Arul, vokalis dari big Boys  Banjarmasin,” kata Raymond. Akhirnya Arul yang pernah dinobatkan sebagai the best vokalis di competition Rock se-Indonesia V, menggantikan posisi Pungky.

dan Tinggal pemain basnya, belum dapat. Sementara belum dapat pemain tetap, akhirnya pakai audition player , diantaranya yakni ada nama Didiet Shaksana dan Roy Oracle, setalah Usai mengikuti tur, akhirnya tawaran rekaman pun datang dari sang promotor yaitu Log Zhelebour.

Rekaman Album baru power metal

Usai mengikuti tour, akhirnya tawaran rekaman pu datang dari Log Zhelebour, selama persiapan membuat album, Arul dkk dikarantina di sebuah hotel di daerah Malang – Jawa Timur, hampir sebulan Selama persiapan bikin album Arul dkk dikarantina di sebuah hotel di daerah Malang – Jawa Timur . “Hampir selama sebulan kita dikarantina untuk membuat lagu,” kata vokalis Power Metal.

Begitu pula materi lagu sudah sangat siap, mereka kembali risau siapa yang  menjadi pemain basnya. Sementara mereka harus secepatnya masuk studio. Akhirnya digaet Prass Haddy, pemain bas di band Pelni. Karena terikat dgn pekerjaan, posisinya kini hanya membantu sebatas rekaman saja sampai album keluar. Dengan persiapan yang cukup matang, proses rekaman mereka berjalan mulus.

Dengan formasi Ipunk (gitar)  Arul Efansyah (vokal),  Prass Haddy (bas), Raymond Ariasz (kibor), dan Mugix Adam (dram), Power Metal berhasil merampungkan album perdananya diberi judul Power One pada tahun (1991), yang dirilis dibawah bendera Logiss Records.

Lewat debut dari albumnya ini, Power Metal pun langsung melesat ke grup band rock papan atas di indonesia. Mereka mulai diperhitungkan, setidaknya popularitas Power Metal sudah sejajar dengan band seniornya alumni competition Rock se-Indonesia, seperti  Grass Rock dan Elpamas.

Album Power One mendapat sambutan menggembirakan dari para rockers mania. Album ini sendiri melahirkan sejumlah hits, diantaranya Satu Jiwa,  Angkara, Bayangan Dirimu dan Pengakuan . Di samping dua lagu lainnya, yakni  ada Cita yangTersita dan Malapetaka .

Kesuksesan album ini membuat Power Metal diganjar penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik di ajang BASF Awards pada tahun1991. Angka penjualan kaset album Power One sendiri waktu itu laku di atas tiga ratus ribu ( 300 ) ribu kopi. Sebuah angka penjualan yang sangat fantastik untuk sebuah grup rock beraliran heavy metal. Sementara saat itu grup rock yang bisa menembus angka itu hanya baru God Bless, di album Semut Hitam tahun (1989).

Pergantian Personil power metal

Sukses di album yang pertama, Power Metal pun kembali menanda-tangani kontrak  album ke 2 . Di tengah persiapan album kedua, Ipunk mengundurkan diri, dan posisinya digantikan Lucky Setyo W, gitaris Andromedha yang  juga sebagai the best guitaris di competition Rock se-Indonesia V. dan juga masuknya Freddy Rossy menggantikan posisi Prass Haddy pada bas,Album kedua berjudul Power Mission dirilis di tahun 1992, diikuti album Power Demons tahun (1993), Serigala tahun (1995), dan Pesta Dansa tahun (1996).

Perubahan personel terjadi lagi. Raymond dan Mugix mundur. Sementara itu Power Metal yang harus dikejar target untuk menyiapkan album barunya lagi. Untuk mengisi dari kekosongan itu, akhirnya ditariklah James Ireng (kibor) dan Ekko Dinaya (drummer) . Album Peace,Love & War (1998) dirilis. Sayang, di album ini lagi-lagi kurang berlaku di pasaran walau secara musikalitas cukup bagus.

SAAT POWER METAL  MULAI VAKUM

Tak lama setelah album rilis album , Power Metal pelan-pelan menghilang dari hingar-bingarnya panggung musik rock. Tak heran pula bila di tengah kevakuman itu lah  muncul berita spekulatif bahwa grup power metal  ini bubar. Sampai pada akhirnya muncul lah inisiatif dari owner Power Metal itu dengan kembali memanggil Raymond tuk diajak membenahi Power Metal lagi.

Antara lain dengan mengajak Ipunk kembali gabung di Power Metal, menggantikan posisi Lucky Setyo W yang saat itu mengundurkan diri. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan konsolidasi guna menemukan formula musik Power Metal yang telah disiapkan di album barunya nanti.

“Yang pasti, Aku dengan para personel yang lain pun punya keinginan yang sama untuk mengangkat kembali kharisma dari Power Metal. Itu bisa jadi obsesi kita semua,” lanjut Raymond. Meski sering mengalami pergantian personel, ternyata tidak mengurangi kesolidan Power Metal yang kini diperkuat Arul Efansyah (vokal), Endro (bas), Ipunk (gitar), , Eko Dinoyo (dram) dan  Raymond Ariasz (kibor),untuk tetap eksis.

"Ini adalah formasi yang tersolid," kata Ipunk dan Raymond hampir bersamaan, Power Metal lama vakum. Setelah sekian lama tak terdengar lagi, akhirnya Power Metal itu pun merampungkan album yang  ke-7, bertajuk Topeng-Topeng Murka pada tahun 2002 silam, yang proses rekamannya sampai mixing-nya itu dilakukan di Studio Natural– Surabaya.

Sedang proses mastering-nya dikerjakan di Studio 301, state capital – Australia. Proses penggarapan album ini butuh waktu hampir dua tahun. Power Metal saat itu diperkuat Ipunk (gitar), Arul Efansyah (vokal), , Ecko Dinaya (drummer), Endro (bas), Raymond Ariasz (kibor), dan . Endro, mantan pencabik bas dari red spider, dan Ekko Dinaya adalah mantan dramer dr abnd Eclips yang saat itu sudah gabung duluan di album power metal Peace, Love & War.

PENDAMPING BAND KELAS MANCANEGARA

Tahun 2004, Power Metal mendampingi Helloween tahun (2004) saat manggung di Surabaya. Sebelumnya di tahun 1990-an mereka juga mendampingi Sepultura, band thrash metal asal Brasilia, saat manggung di Tambaksari Surabaya.

Pada tahun 2005, album ke-8 berjudul Kebesaran-Mu beredar. Hits-hits andalan di album tersebut antara lain, Lagu Kebebasan, Srigala Malam dan lagu religi bertajuk KebesaranMu.

Sempat Kehilangan Arul Efansyah

Setelah merilis album KebesaranMu, Power Metal sempat kembali vakum dari dunia panggung musik rock, sehingga, Arul Efansyah kembali ke kampung halamannya di Banjarmasin. Kawan-kawannya di Power Metal kehilangan kontak dengan Arul sehingga akhirnya membuat mereka berinisiatif mencari dan mencoba-coba beberapa vokalis baru, tapi tak lama, salah satu seorang  dari penggemar Power Metal berangkat ke Banjarmasin dan berhasil menemui Arul,

di medio akhir tahun 2009, akirnya Arul kembali ke Jakarta untuk bergabung lagi dengan Power Metal yang saat itu telah mengalami pergantian personel, posisi keyboard di-handle Sastro Adi yang juga auditional dari band Blackout, dan juga pada basis dibetot oleh Sababa ato biasa di panggil dengan nama baba. dia adalah jebolan competition musik di kota Gresik Jawa Timur.

Kolaborasi Dua Gitaris

Pada tahun 2010, Power Metal kembali menelorkan album yang diberi judul Power Metal IX (sembilan) yang berarti di album tersebut adalah album kesembilan dari Power Metal, di album ini juda ada dua gitaris handal Power Metal yang tidak pernah bersatu dalam satu album yaitu Lucky Setyo dan Ipunk di satukan, ditunjang juga oleh permainan keyboard Sastro Adi yang menambah apik harmonisasi dan progresivitas pada alunan musik Power Metal.

Namun ada juga lagu yang lama sempat hits di album pertama (Power One) di aransemen ulang yaitu lagu berjudul Satu Jiwa - empowered. Perubahan lainnya, sejak album ini nama Power Metal dieja tanpa spasi menjadi PowerMetal, berbeda dengan ejaan mereka sebelumnya, harapannya supaya mereka tak berpisah lagi.

Formasi baru ini juga sekaligus menepis rumor yang beredar tentang kabar bubarnya band power metal ini, Di formasi barunya ini Power Metal telah siap menggebrak kembali panggung musik rock indonesia. Awal Agustus lalu, grup rock pernah mendamping Sepultura tahun (1992) dan Helloween tahun (2004) saat manggung di Surabaya, telah merampung rekaman album ke-8, berjudul KebesaranMu, tak lama lagi siap edar di pasaran.

pada tahun 2016 kemarin power metal kembali meluncurkan album terbarunya yang tertajuk power gold, namun sayang menurut para penikmat musik rock tanah air lambum ini sangat kurang bernyali dari album sebelum2nya

PERJALANAN POWER METAL
• Juara pertama di competition Rock Remaja se-Jawa Timur Lenk di Lumajang (1987)
• Juara pertama di competition Rock se-Jawa di Kediri, Jawa Timur Lenk (1988)
• Juara pertama di competition Rock se-Jawa Bali (1988)
• Juara pertama di competition Rock Log Zhelebour V se-Indonesia (1989)
• the basis competition Rock Log Zhelebour V se-Indonesia (1989)
•opening Tur Rakasasa God Bless (1990)
• Pendatang Baru yang Terbaik di ajang BASF Awards tahun (1991)
• Album Power One terjual lebih Dari Persian three hundred.000 copy (1991)
• opoening dari Konser Rock Sepultura di Surabaya (1992)
• opening Konser Rock Helloween di Surabaya (2004)

Diskografi power metal

• Power One (1991)
• Power Mission (1992)
• Power Demons (1993)
• Serigala (1995)
• Pesta Dansa (1996)
• Peace, Love & War (1998)
• Topeng-Topeng Murka (2002)
• Kebesaranmu (2005)
• Power Metal IX (2010)
 power gold 2016

0 Response to "Sejarah Power Metal Terlengkap"

Post a Comment